Cara Aktifkan Fitur Tersembunyi Ford Fiesta

Cara Aktifkan Fitur Tersembunyi Ford Fiesta


Speed digital bisa tampil dalam satuan mph
 
Ford Fiesta bisa dibilang mobil yang paling banyak menyenangkan hati pemiliknya. Pasalnya, banyak fungsi dari fitur-fitur tersembunyi yang dimiliki hacthback empat pintu ini. Setelah sebelumnya ada kompartemen rahasia di konsol tengah, kini ada fitur yang akrab disebut 'secret menu'.

"Dari sini kita bisa tahu lebih detail tentang kondisi mobil secara jelas dan detail," seru Akash Kanaya, mewakili pemilik Fiesta asal Bandung, Jabar yang tergabung dalam Indonesian Ford Fiesta Community (Infinity).

Untuk mengetahui 'secret menu' itu, langkah pertama adalah menekan dahulu tombol tuas di odometer atau tombol di ujung tuas di sebelah kiri (tuas sein).

Pilih salah satu saja. Tahan dalam waktu sekitar 5 detik. Kemudian langkah kedua, putar kunci kontak untuk menyalakan mesin, sembari masih menekan tombol seperti langkah pertama. Selanjutnya tunggu sampai muncul teks 'TEST' pada layar LCD di panel odometer tengah. Pada tahap ini seluruh lampu indikator akan menyala di panel instrumen.

Ada lebih dari 10 tahap pengukuran yang dapat diketahui melalui layar LCD di panel odometer tengah.  Di antaranya gauge test, hexadigit check untuk memastikan adanya dead pixel, diagnosis trouble code, LED check, volume bensin, temperatur pendingin mesin, voltase baterai untuk antisipasi tekor, serta jika ada kesalahan pada fitur ABS dan EBD.

Yang menarik, juga ada pengecekan speed digital dalam satuan mph (mile per hour) meskipun Fiesta di Indonesia menggunakan satuan ukuran kecepan metric (kph).

Accu voltmeter, antisipasi tekor (kiri) - Digital tachometer (rpm), favorit para anggota Infinity
Lalu, ada rpm digital yang diakui Akash sangat presisi hingga menjadi favorit para anggota di forum. Semuanya disajikan secara jelas dan aktual.

Yang perlu diperhatikan, masing-masing tahapan tak serta-merta muncul, namun diharuskan menekan kembali tombol tuas di odometer atau tombol di ujung tuas sebelah kiri seperti yang dilakukan pada langkah pertama. "Dari sini bisa ketahuan kalo ada kerusakan, sekalian untuk preventive checking," jelas pembesut Ford Fiesta 1.4 Trend A/T 2011 ini.

Begitu juga jika ada malfungsi sensor-sensor pada pengapian, transmisi kelistrikan dan kinerja mesin serta komponen pendukungnya yang bersifat elektris. Akan terdeteksi lebih awal di layar panel. Keuntungan dari ritual seperti ini yaitu bisa melakukan pengecekan rutin sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel untuk diagnosis.

Mudah kan! Nah, bagi pemilik Ford Fiesta yang masih penasaran, bisa mengakses www.fordfiestacommunity.com untuk lebih detail. Selamat mencoba. (mobil.otomotifnet.com)
Share on Google Plus

About Yandhika Pranata Yudha

1 komentar: