All New Ford Focus akhirnya merampungkan pengujiannya terhadap efisiensi bahan bakar. Untuk menempuh kawasan Sanur menuju Tanah Lot sejauh 205,5 km, mobil canggih ini hanya perlu menghabiskan 14 liter BBM atau 1 liter untuk 14,6 km.

Efisiensi diuji Ford dalam acara bertajuk 'Fuel Efficiency Challenge Road Test' di Bali, Jumat (15/12/2012). Untuk menghindari adanya rekayasa hasil pengujian, Balai Termodinamika, Motor dan Propulsi (BTMP) didaulat sebagai tim penilai.

Ada dua jenis varian yang dicoba dalam tes kali ini. Jenis sedan dan hatchback.

BTMP menilai, rata-rata jarak yang ditempuh oleh tujuh mobil Ford Focus sepanjang 205,57 Km. Karakteristiknya pun beragam. Mulai dari jalanan lurus, turunan serta tanjakan curam dengan berliku-liku, lalu lintas yang ramai hingga jalur yang sempit.

Kecepatan rata-rata dalam perjalanan ini adalah 39,2 km/jam. Dari tangki pertamax yang diisi full, rata-rata yang hilang hanya 15,42 liter.

BTMP menilai, efisiensi dalam berkendara sangat dipengaruhi oleh pola pengemudi. Namun kondisi jalan, beban muatan, tekanan ban hingga jenis bahan bakar tidak bisa dilepaskan begitu saja sebagai faktor pendukung.

Untuk jenis hatchback, mobil ini mencatat hanya perlu menghabiskan BBM sebanyak 14,08 liter. Rata-rata kecepatan yang ditempuh mobil ini saat melakukan uji coba adalah 43,77 km/jam.

Bagaimana dengan sedan? Dengan kecepatan rata-rata 39,3 km/jam, mobil ini sanggup menghabiskan pertamax yang ada sebanyak 14,6 liter.

Iring-iringan mobil ini sendiri saat melakukan uji coba selalu dikawal polisi. AC tidak boleh dimatikan, selama perjalanan, BTMP menyegelnya. Begitu juga dengan tekanan angin dan settingan mesin, badan tersebut menyegelnya.
Share on Google Plus

About Yandhika Pranata Yudha

0 komentar:

Posting Komentar